Retak rambut pada dinding

Retak rambut dinding yaitu hal yang lazim terjadi. Namun tetap saja adanya retak rambut ini membikin estetika dinding menjadi berkurang. Retak rambut tidak berdampak kepada struktur bangunan. Karena retak rambut yaitu retakan pada bagian permukaan dinding. Retak rambut biasanya terjadi pada bagian plesteran atau acian. Retak rambut biasanya berbentuk tidak berarturan dan menyebar di zona dinding.

Penyebab retak rambut biasanya yaitu terjadinya kembang susut yang tinggi pada bagian plesteran dan acian. Gejala kembang susut pada material yaitu respons kepada perubahan cuaca. Yang harus diketahui yaitu bahwa material plesteran dan acian mengalami penyusutan dikala situasi kering dan mengalami pemuaian dikala situasi berair. Material yang kurang elastis menghadapi perubahan kembang susut ini yang kemudian menyebabkan terjadinya retak rambut.

Memang pada dasarnya momen retak rambut sering kali kali baru nampak dikala pengerjaan dinding telah selesai bahkan ketika telah dilaksanakan pengecatan. Situasi ini terjadi karena pada saat pekerjaan plesteran dan acian material masih mempunyai fleksibilitas yang bagus kepada kembang susut. Namun ada sebagian hal yang bisa dilaksanakan agar terjadinya retak rambut ini bisa diminimalisir. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :

  1. Pastikan bahwa dinding pada situasi jenuh kering muka dikala akan dilaksanakan pekerjaan plesteran.

Situasi ini ditujukan agar spesi perekat bata telah menempel sempurna dan tidak ada lagi penguapan dari spesi tersebut. Jika spesi perekat dinding bata masih berair dan dilaksanakan pekerjaan plesteran, maka air dari spesi perekat dinding akan keluar melalui plesteran. Situasi ini yang membikin terjadi retakan pada plesteran. Karena jenuh kering muka yaitu situasi dimana materail dinding tidak akan meresap air dari plesteran. Karena apabila material dinding meresap air maka akan terjadi kembang susut pada plesteran.

  1. Komposisi plesteran harus memenuhi kaidah yang telah diatur.

Komposisi plesteran yaitu perbandingan antara pasir dan semen. Perbandingan yang bagus untuk diaplikasikan yaitu perbandingan 1pc : 4ps atau 1pc:6ps.

  1. Pastikan plesteran telah kering sebelum pekerjaan acian

Sama halnya dikala pekerjaan plesteran bahwa dinding harus pada situasi jenuh kering muka. Kecuali dikala pekerjaan acian, pekerjaan plesteran juga harus pada situasi jenuh kering muka. Situasi ini untuk mencegah terjadinya kembang susut yang tinggi, sehingga terjadinya retak rambut bisa diminimalisir.  itu pakai juga komposisi acian yang bagus.

cara mengatasi retak rambut pada dinding

Menutup retak rambut pada dinding

Langkah-langkah memperbaiki retakan pada dinding tembok :

  1. Buka lapisan yang retak dengan jarak sekitar 5 cm di kanan-kiri dari retakan (dibobok).
  2. Siram permukaan dinding dengan air. semprotan agar dinding lebih bisa meresap air. Diamkan beberapa saat.
  3. Mulailah menambal permukaan dinding dengan mortar acian. Pastikan ketebalan tambalan layak ketebalan permukaan kiri dan kana yang tidak retak agar hasil akhir dinding tambalan konsisten rata.
  4. Diamkan dinding selama 2 minggu, sebelum dinding dicat kembali sesuai warna dinding di sekitarnya.

 

jasa desain rumah, jasa desain rumah murah, jasa desain rumah online, jasa desain rumah berkualitas, jasa desain rumah profesional, jasa desain rumah minimalis, jasa desain rumah modern